Now Reading
6 Gejala Penyakit Wasir

6 Gejala Penyakit Wasir

6 Gejala Penyakit Wasir

Pernahkah Anda mengalami rasa sakit atau mengganjal di anus bagian belakang saat duduk? Atau rasa sakit tatkala buang air besar bahkan hingga mengeluarkan darah? Jika itu terjadi, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Boleh jadi itu merupakan gejala penyakit wasir. Wasir atau sering disebut ambeien merupakan penyakit yang terjadi karena pembendungan atau gangguan aliran darah.  Hal demikian menyebabkan pembuluh darah di anus mengalami pembengkakan. Kurang gerak dan pola makan kurang serat adalah faktor utama dari penyakit wasir. Ada beberapa gejala penyakit wasir yang perlu diketahui sehingga apabila suatu saat mengalami gejala tersebut, dapat ditangani lebih dini.

Gejala penyakit wasir yang pertama adalah adanya darah segar yang keluar dari dubur bersamaan dengan BAB (buang air besar). Darah yang keluar bisa berupa tetesan atau mengalir deras. Hal ini terjadi karena saat mengejan pembuluh darah sekitar anus membesar dan bergesekan dengan feses yang keras. Selanjutnya, dubur akan terasa panas, terutama saat duduk terlalu lama atau sehabis buang air besar. Rasa panas terjadi akibat penekanan pada vena di anus yang sudah mulai membesar. Saat duduk pun terasa tidak nyaman dan aktivitas menjadi terganggu.

Penderita wasir biasanya akan merasa ada ganjalan setelah buang air besar. Sensasi mengganjal ini menimbulkan kesan bahwa buang air besar belum selesai sehingga akan mengejan lebih kuat. Hal ini bisa membuat wasir menjadi lebih parah. Gejala penyakit wasir berikutnya adalah timbul rasa nyeri atau sakit di anus terutama setelah BAB. Pembuluh darah yang pecah atau adanya luka gesekan antara pembuluh darah dengan feses akan menimbulkan rasa nyeri tersebut.

Gejala penyakit wasir yang kelima adalah adanya tonjolan yang keluar dari anus karena pembesaran pembuluh darah. Jika sudah ada tonjolan, berarti penyakit wasir sudah memasuki kondisi lebih parah. Tonjolan tersebut bisa masuk secara spontan ke dalam anus.  Akan tetapi bila tonjolan tidak dapat masuk sendiri maka harus dimasukkan ke dalam anus dengan tangan sendiri. Harus sangat hati-hati dalam memasukkan tonjolan karena akan terasa sakit yang luar biasa.

Bagian terakhir dari gejala penyakit wasir adalah timbulnya rasa gatal. Infeksi dari luka pada pembuluh darah yang pecah akan menyebabkan rasa gatal pada anus. Apabila rasa gatal muncul, akan membuat tidak nyaman saat duduk. Oleh karena itu, biasakan setelah buang air besar, dubur harus  benar-benar dibersihkan sehingga tidak ada sisa kotoran atau feses yang menempel.

Namun demikian, gejala-gejala di atas tidak akan terjadi jika Anda menjaga gaya hidup dan pola makan. Makan teratur dan juga konsumsi makanan berserat, seperti buah bisa mencegah penyakit wasir. Olahraga ringan juga akan mendukung tubuh jauh dari penyakit wasir. Jadi, sayangilah tubuh Anda.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top