Now Reading
5 Makanan Penambah Darah agar Tubuh Tak Selalu Cepat Lelah

5 Makanan Penambah Darah agar Tubuh Tak Selalu Cepat Lelah

Apakah Mom pernah mengalami kondisi ketika badan terasa cepat lelah dan lemas, tangan dan kaki dingin, kepala pun pusing? Mungkin tubuh Mom mengalami kurang darah atau anemia. Untuk mengatasi gejala tersebut ada lima makanan penambah darah yang dapat Mom konsumsi untuk mencegah kurang darah. Anemia adalah kondisi saat tubuh sedang mengalami kekurangan sel darah merah yang mengandung hemoglobin. Fungsi hemoglobin sendiri mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Pantas saja, jika Mom tengah mengalami anemia maka Mom akan merasa lemas dan cepat lelah. Anemia bisa terjadi pada siapapun. Di Indonesia sendiri, penderita kurang darah termasuk cukup tinggi. Salah satu penyebab terbanyak karena kurangnya asupan zat besi dan vitamin. Anemia juga kerap terjadi tanpa disadari oleh  penderitanya. Untuk mengatasi kurang darah, Mom dapat memperbanyak makanan berikut ini agar pasokan sel darah merah meningkat.

Daging-dagingan

Makanan yang paling cepat dapat meningkatkan sel darah merah adalah daging merah, seperti daging sapi, daging kambing, maupun hati. Hampir semua jenis daging-dagingan mengandung zat besi yang tinggi dan bisa dikonsumsi untuk menambah jumlah darah dan mengatasi anemia. Selain itu, jenis daging unggas juga dapat Mom pilih sebagai alternatif lainnya. Agar penyerapan zat besi pada tubuh bekerja dengan baik, daging-dagingan tersebut dapat dimakan bersama sayur atau buah yang mengandung vitamin C. Meskipun daging baik untuk meningkatkan darah, namun sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsinya agar terhindar dari risiko serangan jantung.

Sayuran berwarna gelap

Beberapa sayuran yang memiliki warna gelap, seperti brokoli dan bayam mempunyai kandungan zumber zat besi yang baik untuk menambah darah.  Tidak hanya itu, Mom juga bisa menambah darah melalui kacang-kacangan, seperti kacang polong hijau, kedelai, kacang hitam, biji wijen, dan kacang merah.

Sereal yang mengandung zat besi

Sereal yang biasa dikonsumsi ketika sarapan bisa mencegah anemia saat beraktivitas, karena di dalamnya mengandung vitamin B12 dan asam folat. Selain itu, Mom juga bisa mengonsumsi roti atau oat yang mempunyai fungsi yang sama. Ketiga makanan ini juga mudah didapatkan sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsinya.

Buah-buahan

Jenis buah yang dapat Mom konsumsi untuk mengatasi kurang darah adalah apel, anggur, plum, kismis, dan melon. Buah-buahan tersebut bisa menambah jumlah sel darah merah dalam tubuh. Sedangkan untuk buah limau dan jeruk bermanfaat untuk meningkatkan zat besi pada tubuh.

Seafood

Pada beberapa seafood, ternyata kaya akan kandungan zat besi yang bisa memenuhi asupan harian zat besi, seperti pada tiram dan kerang. Jika makanan di atas belum dapat mengurangi anemia, Mom juga dapat mengonsumsi multivitamin. Namun, bila ada riwayat keluarga yang menderita anemia bawaan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui jenis kurang darah dan penyebabnya agar dapat ditangani dengan tepat.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top