Now Reading
4 Trik Mengatasi Anak Yang Susah Makan

4 Trik Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Bagi ibu muda, memiliki anak sendiri pasti merupakan pengalaman yang campur aduk. Perasaan senang dan bangga pasti ada karena mendapat titipan dari Tuhan YME untuk merawat dan membesarkan seoran anak manusia. Tapi selain itu ada perasaan was-was, takut, repot, terutama untuk memahami keinginan anak kecil yang kadang sulit ditebak karena mood swingnya. Salah satu yang paling membuat frustasi adalah ketika si anak susah makan. Bagaimana ia bisa bertumbuh kembang dengan baik kalau dia menolak asupan nutrisinya? Berikut adalah beberapa trik untuk cara mengatasi anak susah makan.

Terapi bermain

Mungkin salah satu penyebab anak susah makan adalah karena ibunya selalu memaksakan anak harus makan. Cara mengatasi anak susah makan adalah dengan memahami anak kecil yang berjiwa bebas semakin ditekan akan semakin bandel, alhasil dia akan membenci jam makan karena merasa dipaksa. Ubah cara memberi makan pada saat makan dengan mengamati cara anak bermain. Kamu bisa menyisipkan makanan sedikit demi sedikit ketika si anak bisa bermain misalnya dengan meminta anak untuk menemukan makanannya yang disembunyikan. Trik ini akan membuat anak seperti bermain berburu harta karun dan menganggap makananannya adalah hadiahnya. Jadikan momen memberi makan menjadi saat yang menyenangkan bagi kamu dan anakmu.

Berikan cemilan yang sehat

Ketika waktu makan sudah tiba namun anak tidak mau makan, mungkin ia sudah merasa kenyang karena makanan kecil yang ia makan. Cara mengatasi anak susah makan karena kenyang makanan kecil adalah dengan mengganti cemilan dengan cemilan yang lebih sehat seperti buah-buahan, atau kue yang kamu buat sendiri. Cemilan yang terlalu banyak garam dan MSG akan menurunkan nafsu makan anak dan membuatnya tidak tertarik makan.

Reward and punishment

Cara mengatasi anak susah makan selanjutnya adalah dengan memancingnya dengan hadiah. Misalnya kamu berjanji akan memberinya makanan kecil kesukaannya apabila dia menghabiskan makanannya. Atau kamu akan mengijinkan anakmu untuk bermain game setelah dia menghabiskan sayurannya. Sebaliknya, apabila anak tetap bandel dan tidak mau makan, kamu bisa menghukumnya dengan menyita mainan favoritnya selama 2 hari misalnya, atau dengan menyuruhnya tidur malam lebih awal. Dengan sistem reward and punishment, anak akan diajarkan tentang konsekuensi setiap tindakan yang ia lakukan.

Cek kondisi kesehatan anak

Trik terakhir untuk cara mengatasi anak susah makan adalah dengan mengecek kondisi kesehatan si anak. Anak biasanya akan susah makan apabila ia merasa tidak enak badan atau karena ngilu akibat giginya yang sedang tumbuh. Perhatikan baik-baik sinyal yang diberikan anak kamu, jika memang sedang sakit ganti makanannya dengan makanan yang bertekstur lebih lembut dan jangan lupa tunjukkan kasih sayangmu padanya. Anak yang sedang sakit cenderung lebih membutuhkan perhatian daripada waktu-waktu biasanya.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top