Now Reading
4 Makanan Pencegah Pikun

4 Makanan Pencegah Pikun

4 Makanan Pencegah Pikun

Anda termasuk orang yang pelupa walau sebenarnya usia masih tergolong muda ? Bila jawabannya adalah iya, sebaiknya Anda mulai mengonsumsi makanan pencegah pikun untuk mencegah kondisi yang lebih buruk lagi. Ketika memasuki usia lansia secara alami kemampuan berpikir seseorang akan mengalami penurunan daya pikir. Akan tetapi, pikun dapat juga dialami oleh orang yang berusia produktif.  Ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti contoh berikut ini.

–       Stress atau depresi (tekanan batin)

Tekanan batin yang menyebabkan stress atau depresi dapat mengakibatkan otak mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi serta menyimpan informasi. Stress bisa disebabkan karena adanya masalah atau konflik dengan diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar, maupun pekerjaan yang sukar diselesaikan.

–       Waktu tidur atau istirahan yang kurang

Tidur dimalam hari merupakan salah satu pola hidup yang benar dan sangat baik untuk kesehatan. Apabila telah terbiasa kurang tidur atau begadang dapat meningkatkan resiko kepikunan menjadi lebih besar. Kurang tidur bisa menyebabkan otak mengalami kesulitan menggabungkan beberapa informasi dalam satu waktu.  Bila ini terus terjadi setiap hari maka dapat berakibat buruk pada memori otak Anda.

–       Malas untuk berpikir

Dalam menghadapi suatu masalah terkadang beberapa orang lebih memilih untuk “lari”.  Lari di sini dalam artian tidak memikirkannya atau malas mencari jalan keluar dari masalah tersebut. Padahal hal ini bisa mengakibatkan kemampuan otak menurun sehingga otak akan merespon lambat terhadap masalah. Oleh sebab itu, seringlah menggunakan otak Anda untuk berpikir karena dengan mengasah otak maka Anda akan terhindar dari penyakit pikun.

–       Alkohol dan Narkotika

Kebiasaan menjadikan alkohol atau narkotika sebagai “pelarian” masalah adalah salah besar.  Sebaliknya, alkohol membuat tubuh kekurangan vitamin B12 yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya ingat,  sedangkan zat yang terkandung pada narkotika sangat berbahaya bagi otak.  Bahkan, pengguna bisa mengalami demensia.

Setelah mengetahui apa saja penyebab seseorang mengalami pikun meskipun diusia muda, saatnya kita membahas mengenai 4 jenis makanan pencegah pikun yang perlu Anda konsumsi mulai saat ini, yaitu sebagai berikut ini.

  1. Ikan

Hampir semua Ikan mengandung asam lemak omega-3 dan DHA yang sangat baik untuk memperlancar daya tangkap sistem syaraf otak. Salah ikan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena tingginya kandungan Omega-3 didalamnya adalah ikan salmon.

  1. Kacang-kacangan

Secara umum kacang mengandung banyak vitamin E yang dapat membuat otak lebih sehat.  Selain itu, kacang-kacangan mencegah Anda kehilangan kekuatan syaraf memori akibat dari penuaan atau pertambahan usia. Contoh kacang yang kaya manfaat adalah kacang mete dan kenari.   Kacang mete memiliki kandungan magnesium yang bisa meningkatkan produksi oksigen ke otak. Sementara kacang kenari kaya akan omega-3.

  1. Kuning telur

Anak dibawah usia 7 tahun sangat dianjurkan mengonsumsi kuning telur.   Mengonsumsi kuning telur diyakini dapat memaksimalkan perkembangan otak dan kemampuan berpikir pada awal tumbuh kembang. Namun, untuk orang dewasa sebaiknya pola makannya diatur karena kuning telur mengandung kolesterol tinggi.

  1. Stroberi

Kandungan flavonoid dan fisetin dalam stroberi dapat memaksimalkan kerja memori didalam otak. bahkan hampir semua jenis berry, termasuk blueberry sangat kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi potensi gangguan stress pada otak.

 Semoga informasi diatas mengenai penyebab pikun diusia muda dan 4 makanan pencegah pikun, dapat menambah wawasan Anda.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top