Now Reading
10 Tips Diet Sehat dan Cepat Tanpa Gagal

10 Tips Diet Sehat dan Cepat Tanpa Gagal

Anda ingin diet sehat dan cepat? Kalau begitu, Anda harus mengetahui faktor-faktor yang membuat diet menjadi gagal.

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan tetapi melakukan berbagai kesalahan, sehingga dietnya tidak berhasil.

Berikut ini 10 faktor yang membuat diet Anda mengalami kegagalan:

  1. Tidak Konsisten

Diet itu harus konsisten, yaitu dilakukan terus menerus. Kebanyakan orang semangat melakukan diet hanya di awal. Setelah melakukan perubahan pola makan selama beberapa bulan dan mendapatkan hasil yang memuaskan, tidak meneruskan diet lagi. Akhirnya, berat badan kembali naik. Diet adalah program jangka panjang. Jangan cepat puas dengan hasil yang telah dicapai dalam beberapa bulan saja. Setelah diet berhasil, sebaiknya lanjutkan hingga berat badan benar-benar stabil.

  1. Tidak Sarapan

Selama tidur malam, tubuh berpuasa. Oleh karena itu, ketika bangun pagi, tubuh memerlukan nutrisi sebagai pengganti nutrisi yang tadi malam telah digunakan untuk memperbaiki sel-sel tubuh. Meskipun sedang diet, Anda tetap harus sarapan. Tidak melakukan sarapan akan membuat glikogen mengalami proses pemecahan untuk menjadi sumber energi. Akibatnya, tubuh tidak berenergi, susah berkonsentrasi, dan mudah lemas.

  1. Tidak Makan Malam

Pada malam hari tubuh tetap memerlukan nutrisi. Nutrisi inilah yang akan digunakan untuk memperbaiki sel-sel tubuh ketika Anda tidur. Oleh karena itu, Anda tetap harus makan malam. Namun, hindari karbohidrat. Untuk mendukung diet Anda, sebaiknya makan malam tiga jam sebelum tidur. Jika Anda terpaksa mengonsumsi karbohidrat di malam hari, makanlah empat jam sebelum tidur.

  1. Tidak Olahraga

Diet dan olahraga sudah menajdi satu paket yang tidak dapat dipisahkan ketika Anda menginginkan penurunan berat badan. Jika Anda diet mati-matian tetapi tidak melakukan olahraga, penurunan badan akan sangat sulit. Jadi, jika Anda sedang menjalankan program berat badan, lakukan juga olahraga secara rutin agar diet sehat dan cepat dapat terlaksana.

  1. Makan Berlebihan Setelah Olahraga

Biasanya, Anda merasa lapar setelah berolahraga. Banyak orang yang “terjebak” makan berlebihan seakan-akan ingin “membalas dendam”. Inilah kesalahan fatal yang sering dilakukan ketika sedang menjalankan program penurunan badan. Ketika berolahraga, kalori memang terbakar. Tetapi ketika Anda tidak berhati-hati dalam mengonsumsi makanan setelah berolahraga, kalori yang masuk bisa saja melebihi kalori yang telah terbakar saat olahraga.

  1. Pantang Makan Makanan Tertentu

Jika Anda termasuk orang yang terlalu ketat melaksanakan diet dengan cara pantang mengonsumsi makanan tertentu, cobalah berpikir ulang. Apalagi jika  makanan tersebut justru dibutuhkan oleh tubuh. Bisa-bisa bukan tubuh langsing yang Anda dapatkan melainkan tubuh yang kekurangan nutrisi.

  1. Menahan Lapar

Diet sehat dan cepat dengan cara menahan lapar, sudah tidak bisa dilaksanakan. Sebab, meskipun diet, tubuh tetap memerlukan pasokan nutrisi yang cukup untuk melakukan metabolisme. Jika kekurangan energi, metabolisme akan berjalan lambat. Akibatnya, pembakaran lemak pun tidak maksimal yang menyebabkan tubuh tetap gemuk.

  1. Terlambat Makan

Menunda makan dengan tujuan mengurangi asupan makanan adalah tindakan yang salah. Terlambat makan akan berdampak buruk. Sebab, hal ini akan membuat Anda merasa lebih lapar dan akhirnya menyanpat makanan dengan porsi lebih banyak. Akibatnya, bisa-bisa berat badan justru semakin bertambah.

  1. Kurang Tidur

Jangan menganggap tidur sebagai hal yang sepele. Pola tidur berhubungan dengan pola hidup sehat. Anda harus memenuhi kebututuhan tidur selama 8 jam per hari. Jika tidur kurang dari 7 jam, produksi insulin, hormon kortisol, dan gula darah akan naik. Akibatnya, Anda akan cepat merasa lapar. Juga, tubuh akan mengalami resistensi insulin, yang dapat menyebabkan tubuh menyimpan banyak lemak.

  1. Terlalu Cepat Menyerah

Inilah alasan utama diet sehat dan cepat tidak mencapai keberhasilan. Sebagus apa pun metode yang dijalani untuk diet, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal jika terlalu cepat menyerah.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top